Tips ‘Kaya’ Ala Anak Kosan

Apa Anda ingin merasakan enaknya rendang di Rumah Makan Padang namun hanya memiliki uang untuk membeli indomie rasa rendang? Tidak apa-apa, sebagian besar mahasiswa yang merantau pasti merasakannya. Jika tidak, mungkin saja mereka mahasiswa yang terjerat banyak hutang karena harus meminjam setiap kali uangnya habis.

Kedua jenis mahasiswa di atas memang tidak mudah apalagi menyenangkan. Namun, keadaan mahasiswa yang tinggal di rantau dan jauh dari orang tua memaksa mereka untuk memutar otak agar uang pas-pasan dapat digunakan untuk bertahan hidup selama satu bulan.

Ada berbagai jenis anak kosan, mulai dari yang berfoya-foya di awal bulan dan terseok-seok di akhir sampai yang menghemat pengeluarannya di awal bulan agar cukup sampai akhir, tapi tidak dapat dipungkiti kalau akhir bulan adalah waktu yang paling dibenci oleh semuanya. Karena itu kami merangkum beberapa tips menjadi ‘kaya’ ala anak kosan, check it out!jangan lupa

  1. Sewa atau beli buku yang diperlukan di semester ini dan jual buku semester lalu yang sudah tidak dipakai lagi.
  2. Jangan tergiur dengan banyaknya uang yang ada di tangan saat awal bulan agar tidak menderita di akhir. Ingatlah peribahasa, “bersedih-sedih dahulu, bersenang-senang kemudian.”
  3. Jangan pergi ke supermarket saat sedang lapar, hal ini untuk menghindari keinginan membeli berbagai macam makanan ringan yang akan membuat dompetmu semakin ringan juga.
  4. Batasi makan ke restoran atau kafe setiap bulannya, lebih baik makan di warteg jika ingin berhemat dan nongkrong di warung kopi karena tidak akan menghabiskan uang sebanyak di kafe.
  5. Kurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting seperti merokok dan minum alcohol karena keduanya tidak baik untuk kesehatan dan dompet.
  6. Jika berhutang usahakan bayar tepat pada waktunya untuk menghindari bunga, juga bayar uang sewa kosan tepat waktu jika memang sudah memiliki uang untuk membayarnya.
  7. Kalau memiliki kartu kredit, bayar secepatnya karena jika terlambat biasanya ada biaya tambahan karena keterlambatan membayar atau biasa dsebut penalty fee.
  8. Berjalan kaki, naik sepeda, atau pakai transportasi umum jika ingin pergi ke manapun karena biayanya akan lebih murah ketimbang membawa mobil pribadi.
  9. Tinggal di kontrakan bersama beberapa orang teman biasanya akan jauh lebih murah ketimbang menyewa satu kamar kosan untuk sendiri. Selain itu, biaya air, listrik, dan gas pun dapat dibagi bersama.
  10. Kurangi penggunaan alat elektronik yang tidak terlalu dibutuhkan, misalnya AC.
  11. Pilihlah paket internet paling murah dan paling sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau butuh untuk SMS atau telepon juga, coba carilah paket lengkap yang mencakup internet, SMS, dan telepon.
  12. Berbelanjalah saat ada diskon, terutama diskon khusus mahasiswa. Biasanya di awal semester banyak toko yang menawarkan diskon khusus mahasiswa, syaratnya hanya perlu menunjukkan kartu mahasiswa.
  13. Jika ingin memasak sendiri, memasaklah bersama teman-teman dan bagi rata biayanya. Seringkali masakan yang kamu masak terlalu banyak untuk satu orang, karena itu lebih baik jika dibagi dengan teman lainnya agar lebih murah.
  14. Jual barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan. Biasanya ada sekelompok mahasiswa yang mencari dana usaha dengan membeli barang-barang bekas dari mahasiswa lain untuk dijual kembali, manfaatkanlah kesempatan tersebut.
  15. Jangan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Untuk apa menggunakan kertas dan pulpen jika bisa menggunakan laptop dan smartphone? Lagipula dengan mengurangi penggunaan kertas berarti mendukung kampanye go green.
  16. Jika membutuhkan sebuah buku untuk waktu yang singkat usahakan untuk meminjam di perpustakaan jadi tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya.
  17. Lewatkan liburan yang tidak perlu, bukankah liburan akan lebih berarti jika dihabiskan dengan menjadi sukarelawan dan membantu yang membutuhkan?
  18. Ingin memelihara hewan peliharaan? Tunggulah sampai lulus! Biaya untuk makanan dan perawatan seekor hewan peliharaan bisa sangat mahal, aka nada mulut lain yang harus diberi makan.
  19. Masuk kelas. Biasanya mahasiswa membolos untuk nongkrong bersama teman-temannya, kurangi kebiasaan membolos karena akan membuat uang lebih cepat habis.
  20. Pelajarilah bagaimana cara mudah dapat uang dari penghasilan tambahan dengan melakukan investasi online yang bersiftat jangka pendek.
  21. Buat rekening tabungan yang menawarkan bunga. Biasanya ada paket tabungan khusus untuk mahasiswa yang menawarkan biaya admin lebih kecil ketimbang rekening tabungan biasa.
  22. Hindari membeli barang-barang bermerek. Lebih baik membeli barang-barang tak bermerek karena biasanya kualitas keduanya tidak jauh berbeda. Bahkan, jika masih tidak percaya, cek saja komposisi keduanya.